Minggu, 04 Desember 2016

Hard Style Evolution

Hard Style Evolution



Hard Style Evolution atau yang biasa disebut HSEV adalah sebuah komunitas Shuffle Dance Di Indonesia yang lumayan senior.  Komunitas ini didirikakan pada 9 september 2009 sudah 7 tahun lamanya. Orang yang mendirikan Komunitas ini adalah Muhammad Fathio Agung Prabowo atau yang biasa disapa Faabow dan 4 orang teman lainya. Hard Style Evolution memiliki Facebook dan Twitter yaitu HardStle Evolution dan @Hsevshuffle. Untuk info dan booking @Hsevshuffle : @nandafirmans wa : 083811618016 dan @Faaboow pin : 2139A25C / 081310216601

Muhammad Fathio Agung Prabowo adalah Manager sekaligus Ketua Hard Style Evolution dan dia juga bekerja di Digital Lounge Mall of Indonesia saat ini. Dia juga pernah menjadi Guru Pramuka SD didaerah tanggerang. Faabow ini juga biasa mengisi MC atau Stand Up Commedy pada sebuah acara. Pria yang lahir di Jakarta pada 26 Mei 1991 saat ini tinggal di Ciledug Tangerang.

Awal mula dibentuknya komunitas ini adalah dari 5 orang yang nongkrong nongkrong aja. Tapi karena memang suka dengan Shuffle Dance dan sering nonton video Shuffle Di You Tube ahirnya kepikiran kenapa kita gak bikin satu tim aja nih gitu. Maksudnya untuk menyalurkan hobi kita makanyaa kita buat Komunitas Shuffle Dance yang bernama Hard Style Evolution.

Sedikit sejarah mengenai Shuffle Dance

Shuffle dance atau Melbourne Shuffle   juga dikenal sebagai Rocking asal usul dari nama “Melbourne Shuffle” sendiri tidak ada yang mengetahui. Shuffle Dance adalah tarian pujian klub yang berasal dari akhir 1980-an dalam adegan musik underground rave di Melbourne, Australia. Gerakan dasar dalam tarian ini dalam ini adalah tindakan tumit dan kaki cepat dengan gaya yang cocok untuk berbagai jenis musik elektronik. Orang-orang yang menari  Shuffle sering disebut sebagai Shuffle atau Rocker. Sebagian karena popularitas menyeret musik rock diawal 1990an.
Akhir 1980-1990an.

Pada akhir 80an Shuffle Melbourne mulai muncul sebagai sebuah tarian yang berbeda, menggabungkan gerakan tangan lebih dari pendahulunya Stomping, Breakbeat dan Techno musik secara bertahap diganti dengan bentuk bentuk lebih hardcore musik rave, seperti trans keras.

Pada akhir 1990an sejumlah video mendokumentasikan gaya selama era ini ada sebagai gaya meningkat popularitasnya. Dan berada dipuncak pada tahun 2000-2008.

Pada awal hingga pertengahan 2009, popularitas menular dari Shuffle Melbourne pada YouTube mulai tenang, tapi tidak mati, membawa pada usia baru shufflers. Ini pengembalian menyeret kebanyakan terdiri dari variasi yang luas dari "Langkah T-" dan minim pria berjalan , dan beraksen oleh meluncur dan berputar. Meskipun hal ini dapat disebut sebagai "Oldschool" era baru gaya masih sangat berbeda dengan cara rocker di tahun 90-an menari. Banyak dari gelombang baru rocker tampil di nol . Beberapa orang yang lebih muda dari gelombang baru yang disebut juga sebagai boppers mungil (atau 'TB (s)' untuk pendek). TB juga umumnya digambarkan sebagai orang muda yang belum cukup umur untuk menghadiri rave, sehingga mereka menari di sekolah, di jalan atau di taman sebagai gantinya. Sedangkan orang yang berpartisipasi dalam aspek-aspek tari berpendapat bahwa cukup dari adegan Shuffle sekarang dipengaruhi oleh Hip Hop seperti masuknya sekarang tersebar luas dari 'Running Man’ yang kegiatan ini dibenarkan (sumber : revelation-crew.blogspot.co.id)

Di Indonesia sendiri, Shuffle Dance ini mulai dikenal luas pada 2006 walaupun dengan jumlah komunitas yang masih sangat sedikit. Namun, beberapa tahun kemudian, pada 2009 Shuffle Dance kembali marak di tanah air dan bahkan menjadi tren tarian baru. Banyak komunitas Shuffle Dance terbentuk dan menggelar beragam ajang Shuffle meet up diberbagai wilayah di tanah air.

Sebenarnya, siapa saja bisa menjadi anggota komunitas Shuffle ini. Dari yang anak kecil, pelajar, mahasiswa bahkan orang tua yang udah punya anak bisa ikut asalkan ada niat yang kuat. Karena Shuffle Dance ini sebenernya adalah sebuah olahraga, jadi bener bener sehat banget. Contohnya ada gerakan namanya Running Man, Running Man itu adalah gerakan dasar pada Shuffle Dance. Jadi jika kita Running Man selama 5 menit aja itu sama aja kaya kita treadmill 30 menit. Itu sangat bermanfaat sekali bukan, sangat membakar banyak lemak.
Macam macam jenis Shuffle menurut Faabow itu ada banyak salah satunya  :

1.       Soft Style
Gerakan lembut, tidak terlalu cepat, hentakan kaki tidak terlalu keras dan biasa diiringi lagu yang beatnya slow

2.       Hard Style
Gerakanya sangat cepat dan hentakan kaki sangat keras, kaki diangkat lebih tinggi dan sering diiringi lagu yang beatnya cepat

3.       Electro Shuffle
Gerakan tidak terlalu cepat seperti Sof Style tetapi lagu ini diiringi dengan lagu mix yang bernada electro

Dan ada pun macam macam gerakan atau move pada Shuffle Dance yaitu :
1.       Running Man
2.       T step
3.       Reverse Running Man (Runningman berlawanan arah)
4.       Kick
5.       Spin Kick
6.       Slide and Glide dan masih banyak lagi

Komunitas HardStyle Evolution ini biasanya berkumpul di BTC (Bintaro Trade Center) Bintaro sektor 9  pada saat jam jam orang pulang kerja sekitar jam 4 sore sampai jam 7 malam.  Biasanya berkumpul seminggu dua kali atau bahkan bisa lebih. Selama berkumpul biasanya mereka latihan dan mencari gerakan gerakan baru. Mereka juga memperbolehkan siapa saja datang ketempat latihan mereka baik untuk latihan bersama maupun untuk berteman dan bermain. Karena mereka semua sangat welcome sekali terhadap orang baru. Bahkan sering mengadakan acara meet and greet.
Menurut Faabow komunitas Shuffle Dance itu sebenernya tidak ada kompetisi hanya alay alay saja yang mengadakan kompetisi untuk Shuffle Dance . Hard Style Evoluiton Sendiri biasanya diundang untuk menjadi guest star pada sebuah acara. Dan Hard Style Evolution sudah perform diberbagai tempat yaitu : Pasar Seni Ancol, Tangerang City Mall, Cafe Huis Ciputat, Gor Bulungan Jakarta Selatan, Gor Seksoal, Gor Silungkang bahkan pernah peform saat olimpiade ayo dance dan masih banyak lagi pokonya. Dan Hard Style Evoulution mempunya nama sebutan untuk para fansnya yaitu EVOLVERS.

Foto diatas adalah saat Hard Style Evolutin perform di radiant hall pada 2013 lalu

Dan ini adalah foto mas faabow pada saat perform. Gakeliatan ya mukanya haha

Dan ini foto terakhir mereka berkumpul yaitu pada saat buka bersama bulan puasa kemarin. Udah pada tua tua ya mukanya haha.

Namun saat ini Hard Style Evolution sendiri hanya kadang kadang latihan karena anggotanya sudah sibuk kerja semua. Maklum saja mereka bukan anak anak sekolah lagi yang kegiatan belajarnya masih rutin. Terus masih bisa sering keluar. Sekarang ini kita kalo ada waktu paling kalo lagi sempet aja kalo lagi saat libur. Dan Shuffle Dance sendiri sekarang ini sudah tidak populer lagi seperti dulu seiring berjalanya waktu namanya sudah mulai hilang. Karena memang lebih sulit mempertahankan dari pada mencapainya. Karena di Indonesia sendiri masyarakatnya hanya ikut ikutan pada apa yang trend saja. Apabila sudah tidak trend maka akan ditinggalkan begitu saja.




Muhamad Naufal Ramzy (1571501855)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

ads ceritanya

.

.
Copyright © MINDSET E - MAGAZINE | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com