Minggu, 04 Desember 2016

MENGENAL ROKOK ELEKTRIK (VAPORIZER)

MENGENAL ROKOK ELEKTRIK
(VAPORIZER)



TANGERANG SELATANVape atau Vaporizer merupakan nama lain dari Rokok elektrik yang saat ini sedang booming atau sedang heboh dikalangan masyarakat lokal maupun internasional . Vape dipercaya guna membantu seseorang berhenti dari kecanduan merokok konvensional atau rokok tembakau . Vape di indonesia sendiri mulai beredar luas sekitar tahun 2013 , namun karna harganya yang masih lumayan mahal , masyarakat enggan menggunakan vape atau beralih ke vape . Pada tahun 2016 muncul isu yang luar biasa menghebohkan masyarakat indonesia , yaitu naiknya harga rokok tembakau secara drastis , dari kisaran 15 ribu naik hingga menjadi kisaran 50 ribu per bungkusnya . Hal ini membuat para perokok berfikir berulang kali untuk membeli 1 bungkus rokok yang harganya lumayan tinggi , dan pada saat itu beberapa perokok berfikir untuk berpindah ke vaporizer atau rokok elektrik .

Selain itu vape juga membuat hubungan para vapers lebih erat bahkan sampai naik ke tingkat komunitas , banyak komunitas – komunitas vape bermunculan ditahun 2016 ini . Salah satunya adalah sebuah komunitas vape yang berada di BSD Tangerang Selatan , yaitu Vape Pinus . “Vape pinus berdiri Tanggal 27 Oktober 2015 , yang pada awalnya beranggotakan 9 orang . vape pinus berdiri tanpa adanya ketua , karna komunitas ini dibentuk menurut kesepakatan dan kedekatan dari para anggotanya saat berkumpul disebuah vape store XSMOX” Ujar Salman , salah satu anggota Vape Pinus . Vape Pinus merupakan salah satu komunitas yang tidak memberatkan orang lain untuk bergabung , karna Pemula sekalipun akan dibimbing dengan baik dikomunitas ini . “kita kepikiran mau cari anggota yang baru nge vape , kita bakal nuntun buat jadi vapers pro dan bisa ngetrick” tambah pria kelahiran 1992 tersebut .

Vape memiliki jenis yang bermacam-macam , ada yang dikhususkan untuk newbie (pemula) atau yang sudah mahir sekalipun . “bagian pertama itu MOD dan yang lainnya itu batre , atomizer , kawat , kapas dan liquid . MOD ada 2 jenis, yaitu mechanical mod dan elektrikal mod . perbedaannya kalo mechanical mod itu yaitu body yang pembakarannya spontan dari dorongan magnet atau per , per itu mendorong kekuatan batre langsung keatomizer buat menghasilkan pembakaran . mechanical tidak disarankan dipakai oleh pemula , Karena harus mempelajari ohm law terlebih dahulu . kalo elektrikal mod , sudah canggih . karna ada layar LCD supaya kita tau , berapa tegangan yang dihasilkan oleh baterai , kawat dan wattnya . semua terpampang jelas di LCD , layar LCD itu di lindungin sama Chip . elektrikal mod itu selain gampang pengaturannya , jelas juga ga bahaya , karena Chip tersebut dirancang untuk membatasi pemakaian jika body kita sudah panas“ Ujar salman.

Vape memiliki harga yang bervariasi dari setiap bagiannya , “Harga untuk rata-rata , jelas lebih mahal yang jenis elektrikal mod , karna sudah versi canggihnya . sampai sekarang sudah ada elektrikal mod yang lcd nya bisa touchscreen . untuk harganya , elektrikal yang bagus dimulai dari 500 ribu dan sampe paling tinggi sekitar 3 juta rupiah . jika mechanical biasanya dimulai dari harga rendahnya kira-kira sekitar 150 ribu , sampe paling mahal berkisar 2 juta “ Ujar salman .

Bagian yang sangat penting dari vape adalah atomizer , atomizer merupakan bagian pembakaran untuk menghasilkan suatu rasa dan uap . “Atomizer banyak tipenya , yang pertama ada RDA kepanjangannya itu Rebuildable Dripping Atomizer , cara kerjanya agak rumit , ini cocok untuk orang yang suka repot . karna gambarannya, kapas yang terselip dikawat dan diteteskan liquid , lalu melalui proses pembakaran , lama-lama kapas yang ada liquidnya itu akan kering , kalo kering itu akan menimbulkan rasa gosong , jadi ga enak dan harus bolak-balik tetes liquid supaya tidak terasa gosong . yang kedua ada RTA , kepanjangannya Rebuildable Tank Atomizer , RTA itu tipenya tank , yang bisa nampung liquid  3ml – 6ml liquid , kondisi kapas akan selalu basah dan ga menyebabkan gosong . yang terakhir itu gabungannya RDA sama RTA . namanya RDTA , Kepanjangannya Rebuildable Drip Tank Atomizer . RDTA bisa jadi 2 tipe dari yang sebelumnya tadi , bisa tipe yang harus ditetes-tetes , atau nampung liquid . Jenis RDA , RTA dan RDTA macem-macem juga , dari mereknya pun banyak juga , dan tipenya juga ada yang buat flavour .  buat flavour itu dia asepnya lebih dikit , namun rasa dari liquidnya itu keluar sangat pekat , seperti sedang minum dari rasa liquid itu . yang kedua itu tipenya ada yang untuk Clouds , asep atau uap . Clouds ini akan lebih banyak asap dari yang flavor , dan juga kebalikannya , flavornya kurang pekat , namun asepnya yang tebal . harganya bervariasi , ada yang dimulai dari harga 100ribu sampe 1 jutaan yang paling mahal “ ujar salman .

Jantung dalam vape merupakan baterai , baterai yang digunakan juga tidak sembarangan . mulai muncul beberapa perusahaan yang membuat atau menjual baterai khusus untuk vaping dan harganya bervariasi . “batre juga ada banyak mereknya , dari Samsung dan LG juga ngeluarin batre yang pas buat ukuran vape . batre ukuran vape itu ukurannya 18650 , jika batre-batre yang biasa sehari-hari kita buat remote atau yang lainnya itu ukurannya kalo ga salah 18500 . untuk merk , kita pakai yang sudah terkenal nama brandnya , seperti LG , Samsung , atau yang lainnya . ada yang bagus juga , merk AWT , MXJO dan Efest . harganya kisaran sekitar 90 – 110 rb . itu sudah cukup bagus “ Ujar salman .
(Kapas yang terlilit di Kawat Pada atomizer)

Bagian yang juga sangat penting dalam proses pembakaran adalah kapas dan kawat . Kapas dan kawat inilah yang bekerja untuk menghasilkan uap atau asap dari liquid yang ditetes atau ditampung . “kawat merknya juga banyak jenisnya , ada merknya UD dan vaportech yang sering digunakan oleh vapers . tergantung seleranya , harganya kisaran sampe 50rb sampe 80rb per 10 meternya . kawat vape jelas beda dengan kawat-kawat yang kita tahu sebelumnya , jadi ga berbahaya buat manusia . untuk kapas sendiri , yang paling standar merk MUJI dari jepang ,harga perlembarnya sekitar 1500 rupiah per lembar . ada lagi merk kapasnya Zingen dan koh gen do . rata-rata kalo kapas itu buatan jepang . bedanya kapas vape dengan kapas kosmetik , kalo kapas vape murni cotton . jika kapas untuk kosmetik , biasanya mengandung pemutih “ Ujar Salman .
(LIQUID RASA BUAH)

Liquid, merupakan salah satu bagian external yang sangat penting dalam vaporizer . Liquid terbuat dari bahan-bahan kimia yang mampu dikonsumsi atau tidak berbahaya bagi manusia . Liquid rasanya pun bermacam-macam atau memiliki banyak varian . “banyak yang kurang paham bahwa sebenarnya bahan liquid itu juga dipake buat snack dan buat makanan-makanan ringan . untuk masalah liquid tergantung seleranya , ada yang pake nicotine ada juga yang engga . liquid itu tipe nikotinnya juga berbeda-beda . ada yang 0 mg (milligram) , ada yang 3 mg ada yang 6 mg dan ada juga yang 9 mg . semakin tinggi angka semakin berasa ditenggorokan , untuk yang baik disarankan tidak memakai liquid ber nikotin . ika untuk rasa  , liquid macem-macem rasanya ada yang rasa buah-buahan seperti mangga , melon, dan ada juga yang rasanya minuman seperti rasa root beer , sampai ada juga yang rasa pop corn , caramel , sampe yang terakhir ada yang rasanya seperti kue . seperti rasa red velvet , cheesecake , dan donat .” Ujar Salman .

Banyak pertanyaan yang muncul dari berbagai kalangan perokok untuk pindah ke vaping tentang biaya yang diperlukan untuk menjadi seorang vapers (pemula) . “jika ingin jadi vapers awal (pemula) , per 1 paket kira-kira 800 ribu sampe 1 juta , itu untuk mod jenis elektrikal . karna elektrikal sangat safety untuk pemula . untuk yang mechanical , 500ribu sampi 700ribu sudah dapat yang lumayan bagus itu , sudah sesuai sama pemula “ ujar salman .

Selain uap atau produksi asapnya yang super banyak dan rasanya bermacam – macam , orang tertarik masuk ke dunia vape karena bisa melakukan trick . “pertama, jelas karna rasanya macem-macem , dan penasaran pengen nyobain rasa buah , rasa ini , rasa itu atau yang lainnya . yang kedua karna vape asepnya banyak , bisa jadi ajang buat nge-trick . asepnya ada yang bisa dibikin huruf O yang bulet , ada yang bisa dibentuk seperti Ubur-ubur , ada juga teknik yang membuat asepnya terlihat seperti Angin Tornado , muter-muter ” Tambahnya .

Untuk alasan kesehatan , belum ada riset sampai saat ini yang menyatakan 100% bahwa vape memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan manusia dan belum ada juga yang menyatakan 100%  tentang vape tidak berdampak apa-apa . karena bahan yang digunakan dalam liquid , ada juga pada makanan-makanan ringan yang biasanya dikonsumsi olah masyarakat luas . “liquid , kawat , kapas dan organ-organ lainnya dari vape sudah distandarisasi buat bisa dikonsumsi oleh manusia . liquid sendiri bahan-bahan kimianya hampir sama semua seperti yang ada di minuman , snack-snack , dan yang ada pada makanan instan . sampe saat ini belum dengar berita tentang dampak yang bener-bener fix atau kebukti tentang vape . Ada teman saya , dia vaping dari tahun 2012 sampai sekarang , dia cek paru-paru terakhir ke dokter , dan hasil ronsennya dinyatakan bersih . jika rokok konvensional kita tahu sendiri , sudah banyak korbannya gara-gara rokok . yang membuat perbedaannya lagi , yang memicu kanker itu adalah TAR yang ada dikandungan rokok . sedangkan Liquid sama sekali tidak mengandung TAR seperti rokokUjarnya .

Pada dasarnya vape merupakan uap , banyak yang masih berpendapat vape merupakan asap yang sama halnya seperti rokok . Kapas yang dililitkan ke kawat dan diteteskan liquid tersebut masuk dalam proses pembakaran , lalu menghasilkan uap . dalam pembahasan tentang vape ini , kita jadi tahu mana yang baik atau buruk , kita juga bisa memilah dan memilih . Walaupun disamping itu belum ada penelitian yang benar-benar menyatakan vape memiliki kandungan yang berbahaya . Vape juga bisa dibilang untuk Lifestyle atau gaya hidup sama halnya seperti rokok walaupun dampak yang ada pada rokok sudah jelas tertera , namun untuk gaya hidup masyarakat mengesampingkan efek berbahaya tersebut . Tentukan untuk diri kalian sendiri mana yang baik dan buruk , STOP SMOKING START VAPING !





Ikhsan Budi Ridwanto (1571504347)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

ads ceritanya

.

.
Copyright © MINDSET E - MAGAZINE | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com